Categories
Anak-anak

Cara Cepat Melatih Anak Berjalan

Dalam setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satu tahap paling menakjubkan ialah ketika ia bisa berjalan sendiri dan dapat meraih sesuatu dengan tangannya tanpa bantuan orang lain. Kemampuan itu pasti sangat dinantikan dan akan membuat orangtua merasa amazing.cara melatih anak berjalan

Selain rasa bangga, kemampuan berjalan anak merupakan wujud dari perkembangan motorik kasar anak yang amat penting. Yang perlu diketahui orangtua adalah bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda untuk bisa berjalan, ada yang cepat dan ada yang lambat. Dan sebelumnya ada beberapa tahap yang harus dilalui seperti tengkurap, menegakkan kepala, duduk dengan tegak, merangkak, kemudian berdiri, lalu berjalan. Namun pada kenyataannya, tidak semua anak melewati tahap merangkak dan langsung bisa berdiri lalu berjalan. Disamping menyesuaikan kemampuan anak untuk belajar berjalan sendiri, orangtua harus ikut berperan membantu melatih anak agar cepat berjalan. Inilah cara-cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk merangsang kemampuan anak berjalan.

  • Letakkan benda berukuran besar di dekat anak

Ketika anak sudah mampu mengangkat tubuhnya dari posisi duduk kemudian berdiri dengan berpegangan benda besar seperti meja atau kursi, itu menandakan kemampuan anak sudah bisa dilatih untuk berjalan. Tetapi selalu pastikan tidak ada benda-benda berbahaya di sekitar anak ketika sedang dalam proses belajar berjalan ini, contohnya paku, gunting, kunci lemari dan lainnya.

  • Memegang kedua tangannya

Anda dapat memulainya dengan memegang kedua tangan si kecil, lalu mengajaknya berjalan. Jangan memegangnya terlalu keras, arahkan tangannya kedepan satu per satu secara perlahan hingga si kecil mau melangkahkan kakinya sendiri tanpa berpegangan. Namun jangan paksa dia jika belum mau melakukannya. Jika dipaksa, anak bisa saja trauma dan tidak mau lagi dilatih berjalan.

  • Gunakan mainan kesukaan anak

Mainan kesukaan anak bisa jadi alat pancing paling mujarab untuk melatih anak agar bisa cepat berjalan. Taruh mainan tersebut di tempat yang sekiranya bisa diraih anak dengan mudah sambil berjalan. Beri semangat atau tepuk tangan agar si kecil semakin bersemangat untuk menggapainya.

  • Berlutut di depannya

Anda bisa memancing anak berjalan dengan berlutut di depannya sambil mengulurkan tangan seolah akan memeluknya sehingga anak akan terpancing ke arah Anda, lakukan sambil mundur perlahan ke belakang.

  • Biarkan kaki anak tanpa alas kaki

Keadaan kaki anak yang tanpa menggunakan alas kaki dapat membuatnya lebih leluasa bergerak dengan lincah, sekaligus membuat indra peraba di telapak kakinya semakin peka terhadap tekstur permukaan yang tidak rata.

  • Jangan gunakan baby walker

Penggunaan baby walker untuk melatih anak berjalan adalah salah. Selain bisa menimbulkan kecelakaan seperti terguling, tangan terjepit, atau jatuh dari tangga, baby walker juga bisa mengganggu perkembangan otot kaki anak. Lebih baik gunakan kursi plastik atau keranjang cucian yang bisa didorong untuk mengasah kemampuan berjalan anak. Cara ini lebih aman dan bisa menguatkan otot-otot pada kaki dan tangannya.

Poin terpenting dari cara cepat melatih anak berjalan ini adalah jangan memaksakan kemampuan anak, anak akan bisa berjalan jika sudah waktunya. Jika melatihnya terlalu awal, di khawatirkan otot-otot kakinya belum siap dan malah menjadikannya trauma bahkan bisa membahayakan tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *