Categories
Kesehatan Merawat Bayi

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan nyamuk Pada Bayi

Bunda, kulit bayi masih sangat lembut dan sensitif. Itulah sebabnya satu gigitan nyamuk saja bisa menimbulkan bekas kemerahan pada kulit bayi dan akhirnya berubah menjadi noda hitam yang bisa mengganggu penampilan buah hati bunda. Sebenarnya, noda hitam bekas gigitan nyamuk pada bayi akan hilang dengan sendirinya, hanya saja memerlukan waktu. Namun terkadang bunda merasa tidak sabar karena kasihan melihat kulit bayinya dipenuhi bekas gigitan nyamuk. Bukan hanya bintik merah, bekas gigitan nyamuk juga akan meninggalkan rasa gatal yang membuat bayi tidak nyaman dan bisa mengganggu tidurnya. Untuk mencegah agar bayi terhindar dari gigitan nyamuk, sebaiknya selalu gunakan kelambu antinyamuk saat bayi tertidur. Dan jangan sekali-kali memakai obat nyamuk jenis apapun, baik itu semprot, obat nyamuk bakar, atau elektrik, karena semua itu akan berdampak buruk terhadap kesehatan bayi. Apabila bayi bunda sudah terlanjur digigit nyamuk, dan bunda ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi secara cepat dan aman, maka disarankan untuk bunda agar selalu menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati bekas gigitan nyamuk pada bayi seperti tips berikut ini.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi

  • Bawang merah dan bawang putih

Khasiat bawang merah dan bawang putih untuk bayi memang tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah untuk mengobati bintik merah bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi. Caranya sangat mudah, bawang merah atau bawang putih cukup diiris dan dioleskan pada luka bekas gigitan nyamuk tadi. Bawang putih berperan sebagai antibakteri dan antiradang sehingga bisa meringankan peradangan kulit bayi bekas gigitan nyamuk.

  • Kulit kentang

Untuk mengatasi dan meringankan bekas gigitan nyamuk pada bayi juga bisa menggunakan kulit kentang bagian dalam. Caranya kulit kentang hanya cukup ditempelkan pada bekas gigitan nyamuk di kulit bayi.

  • Lidah buaya

Yang bisa digunakan adalah lendir atau gel dari tanaman lidah buaya ini. Caranya pun sama, cukup potong satu tangkai lidah buaya kemudian ambil gel-nya untuk dioleskan pada bekas gigitan nyamuk yang dialami bayi. Gel lidah buaya ini memiliki efek anti inflamasi dan mendinginkan kulit sehingga bisa mengurangi iritasi atau skemerahan yang terjadi akibat gigitan nyamuk.

  • Kulit pisang

Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Cukup ambil kulit pisang bagian dalam dan oleskan pada kulit bayi yang terkena gigitan nyamuk.

Nah Bunda, itulah beberapa bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi. Sebaiknya selalu jaga buah hati Anda dan lindungi dari ancaman gigitan nyamuk yang mungkin saja membawa penyakit seperti malaria dan DBD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *