Categories
Kehamilan

Penyebab Bayi Lahir Prematur

Bayi lahir prematur tentu bukanlah yang diinginkan setiap ibu. Bayi dikatakan lahir secara prematur apabila lahir saat usia kehamilan ibu kurang dari 37 minggu dan berat badan bayi kurang dari 2,5 kg atau di bawah normal. Karena itu kemungkinan organ-organ dalam tubuh bayi belum dapat berfungsi dengan baik, dan rentan mengalami gangguan kesehatan.

penyebab lahir prematur
bayi prematur

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur. Dan ternyata faktor terbesar yang mempengaruhi adalah berasal dari ibu. Inilah penyebab bayi lahir prematur yang perlu Anda ketahui agar dapat dicegah sebelum terlambat.

  • Kondisi ibu yang tidak sehat

Berbagai masalah kesehatan yang diderita oleh ibu saat hamil akan berpengaruh terhadap kondisi janin. Contohnya ibu hamil yang mengalami preeklampsia atau tekanan darah tinggi, dan eklampsia yang disertai kejang dan hipertensi berat, atau ibu yang terkena penyakit diabetes memiliki potensi besar untuk melahirkan bayi prematur. Selain itu, kondisi organ reproduksi ibu yang bermasalah dapat pula meningkatkan resiko terhadap bayi lahir prematur.

  • Gaya hidup

Gaya hidup tidak sehat yang dijalani ibu hamil menjadi penyebab lain kelahiran prematur. Misalnya ibu hamil yang merokok, minuman beralkohol, dan mengonsumsi obat terlarang, beresiko tinggi melahirkan bayi prematur.

  • Riwayat kehamilan

Ibu hamil yang pernah melahirkan bayi prematur sebelumnya, atau pernah mengalami keguguran dan aborsi, berpotensi lebih tinggi untuk kembali melahirkan bayi prematur di kehamilan selanjutnya.

  • Kondisi janin dalam kandungan

Faktor penyebab bayi lahir prematur lainnya yaitu kondisi janin dalam kandungan, adanya infeksi, atau pertumbuhan janin yang tidak normal. Simpul tali pusat juga bisa menghambat pertumbuhan janin. Maka dari itu sangat dianjurkan para ibu hamil untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan agar kondisi janin terpantau dengan baik. Kekurangan gizi saat hamil juga berpengaruh dan bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur.

  • Kondisi psikologi dan usia ibu

Jika ibu hamil sering mengalami stress, cemas, hingga depresi, maka beresiko tinggi untuk melahirkan bayi prematur. Kehamilan di usia yang terlalu muda juga tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

Faktor-faktor penyebab bayi lahir prematur di atas harus benar-benar mendapat perhatian agar kelahiran prematur yang mungkin terjadi dapat dihindari. Karena bayi yang lahir prematur memiliki resiko kesehatan yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *